Senin, 20 Oktober 2014

Cara Mengolah Buah Blustru Menjadi Obat Herbal



Mengobati Haid Tidak Teratur

Buah blustru dapat kita gunakan untuk mengobati haid tidak teratur, khususnya bagi wanita yang mengalami haid tidak teratur ikuti cara mengobati haid tidak teratur dengan buah blustru berikut ini.
Cara Membuat :
Cuci buah blustru sebesar 4 jari sampai bersih, lalu parut. Tambahkan ½ cangkir air masak dan seujung sendok the garam halus ambil di remas. Setelah tercampur rata, ramuan tadi diperas dan di saring.
Cara Penggunaannya :
Air yang terkumpul di minum sekaligus. Lakukan ini sehari sebanyak 3 kali.


Memperlancar ASI

Bagi ibu-ibu menyusui yang mengalami ASI-nya seret atau kurang lancar tidak ada salahnya mencoba cara ini.
Cara Membuat :
Masak buah blustru dan daun katuk menjadi sayur bening.
Cara penggunaanya :
Setelah menjadi sayur bening dapat di konsumsi langsung atau berbarengan dengan nasi.

Mengobati Sakit Pinggang
Cara Membuat :
Untuk mengobati sakit pinggang dengan buah blustru yang harus kita lakukan adalah silahkan gongseng biji blustru secukupnya sampai hangus, lalu gilinglah sampai halus dan masukkan ke dalam toples.
Cara Penggunaanya :
Ambil sebanyak 10gr hasil gilingan biji blustru di dalam toples tadi lalu masukkan kedalam ½ seloki arak. Aduk merata, lalu endapkan. Airnya diminum sekaligus, sedangkan ampasnya di bubuhkan kedalam pinggang yang sakit. Cara lain yaitu cuci akar blustru secukupnya, lalu bakar dengan dialasi genting, setelah kering, giling akar sampai menjadi serbuk dan masukkan kedalam toples. Setiap kali pemakaian, ambil 10 gr serbuk tadi, lalu masukkan kedalam ½ sloki arak hangat dan minum sekaligus.

Mengobati Sesak Napas 

Khasiat lain yang terkandung di dalam tanaman blustru yaitu dapat di gunakan sebagai obat sesak napas. Untuk mengobati sesak napas tanpa menggunakan obat yang beredar di pasaran, Anda bisa menggunakan tanaman blustru ini.
Cara Membuat :
Cuci 5 lembar daun blustru yang masih muda sampai bersih. Selanjutnya, asapkan sebentar dan makan bersama nasi sebagai lalap. Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari. 

Mengobati Batuk disertai Sesak

Cara Membuat : 
Cuci  10 – 15 gr bunga blustru sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi 1 gelas air saja. Dinginkan dan saringlah air hasil rebusan tadi, tambahkan madu ke dalam air saringan secukupnya dan minumlah sekaligus, lakukan langkah ini 3 kali sehari.

Mengobati Migrain

Migrain adalah sakit kepala sebelah yang merupakan penyakit yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Penggunaan obat-obat kimia biasanya menimbulkan efek mengantuk dan jantung berdebar. Namun dengan blustru hal itu dapat teratasi dengan mudah. Diatas sudah banyak di jelaskan tentang khasiat yang terkandung di dalam tanaman blustru, khasiat lain diantaranya yaitu untuk mengobati Migrain.
Cara Membuat :
Cuci 150 gr akar blustru segar sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Masukkan 2 butir telur itik, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin saring ramuan tersebut dan air saringanya diminum, sedangkan telur rebusnya dimakan begitu saja

Mengobati Bisul Yang Tidak Mau Pecah

Mengobati Bisul yang tidak mau pecah dapat dilakukan dengan memanfaatkan tanaman blustru ini.
Cara Pemakainya : 
Cuci akar blustru dari tanaman yang sudah tua sampai bersih, dan potong-potonglah seperlunya. Selanjutnya rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Selagi hangat airnya dapat di gunakan untuk megompres bisul yang tidak mau pecah tadi.

 









0 komentar:

Posting Komentar